Dasar Filsafat Pendidikan :
1) Metafisika
F bagian filsafat yang mempelajari masalah hakekat. Mulai hakekat dunia,
hakekat manusia, hakekat tuhan, termasuk di dalamnya hakekat anak. Metafisika
secara praktis akan menjadi persoalan utama dalam pendidkan. Karena anak
bergaul dengan dunia sekitarnya. Maka ia akan memiliki dorongna yang kuat untuk
memahami tentang segala sesuatu yang ada. Memahami filsafat ini diperlukan cara
implisit untuk mengetahui ke arah tujuan pendidikan
2) Epistemologi
F ini diperlukan dalam pendidikan antara lain dalam hubungannya dengan
penyusunan dasar kurikulum. Pengetahuan apa yang harus diberikan pada anak
didik, diajarkan di sekolah dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan dan cara
menyampaikannya seperti apa. Tepri pengetahuan ini berhubungan dengan hakikat
dari ilmu pengetahuan, pengadaian-pengandaian, dasar-dasarnya serta
pertanggungjawaban atas pernyataan mengenai pengetahuan yang dimiliki oleh
setiap manusia. Pengetahuan tersebut diperoleh manusia melalui akal dan panca
indera dengan berbagai metode induktif, metode positivisme, metode kontemplatis
3) Aksiologi
F dasar ini membahas nilai baik atau nilai buruk. Nilai indah atau tidak indah.
Dan tidak mengakui nilai absolut tetapi menolak pula nilai yang bersifat
subjektif seperti yang berlaku dalam nilai estetis. Nilai yang ada adalah nilai
yang bersifat io-psikologis ekonomik historis. Dasar tingkah laku moral adalah
pengetahuan ilmiah serta cinta dan simpati manusia. Pertimbangan-pertimbangan
moral yang tertanam dalam diri pribadi melalui proses pendidikan dan
sosialisasi menjadi dasar kemauan bebas dalam menentukan pilihan norma-norma
yang tertanam dalam kebiasaan-kebiasaan berfungsi motivatif bersifat
mewajibkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar