Mengembangkan
Metode Pembelajaran
Mengenai definisi metode
pembelajaran banyak istilah yang sering digunakan, seperti metode mengajar (teaching
methods), strategi mengajar (teaching strategis), dan metode
pembelajaran itu sendiri (instructional methods).
Metode adalah alat atau
cara yang digunakan untuk digunakan untuk mengajarkan materi pembelajaran
kepada peserta didik. Pilihan metode tergantung pada apa yang ingin diajarkan
(konten), siapa yang diajarkan, dan tingkat kemampuan yang diharapkan.
Banyak sekali metode yang
dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk memudahkan
guru, dosen, atau instruktur dalam memilih metode yang sesuai dengan karakteristik
peserta didik.
Tabel Keterkaiatan Metode dengan Kecerdasan
Jamak
Kecerdasan Jamak
|
Metode dan Gambaran Umum
|
Verbal-linguistik
|
1. Ceramah
(lecture);
2. Curaj
pendapat (brainstorming);
3. Mendongeng
atau bercerita (storytelling);
4. Diskusi
(discussion).
|
Logis-matematis
|
1. Penyelesaian
masalah (problem solving);
2. Uji
coba (exsperiment);
3. Tanya
jawab Socreates (Socreates’ questions);
4. Berpikir
kritis (critical thinking).
|
Visual-spasial
|
1. Kiasan
gambar (picture metaphors);
2. Pemetaan
ide (ideas mapping);
3. Sketsa
ide (idea sketching);
4. Visualisasi
(visualization).
|
Jasmaniah-kinetik
|
1. Demonstrasi
(demonstration);
2. Bermain
peran (role play);
3. Studi
lapangan/karyawisata (field trip);
4. Berpantomim
(pantomym).
|
Musikal-berirama
|
1. Diskografi
(discography);
2. Sugestopedia
(suggestopedia);
3. Music
instrumen (instrumentak music);
4. Pengkondisian
suasana musik (musical conditioning).
|
Interpersonal
|
1. Jigsaw;
2. Mengajar
teman sebaya (peer tutoring);
3. Belajar
beregu (teamwork);
4. Permainan
(games);
5. Kebekuan
pikiran atau fisik peserta didik.
|
Intrapersonal
|
1. Studi
mandiri (independent study);
2. Belajar
dengan alat bantu komputerm (computer assitedlearning);
3. Refleksi
(reflektive learning);
4. Belajar
dengan pengaturan sendiri (self goal setting).
|
Naturalistik
|
1. Belajar
melalui alam (learning through nature);
2. Jendela
belajar (windows for learning).
|
Eksistensial-spiritual
|
1. Respons
peristiwa;
2. Panggung
beramal (charity event).[10]
|
referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar