Jumat, 30 Desember 2016

Mengembangkan Metode Pembelajaran

Mengembangkan Metode Pembelajaran

Mengenai definisi metode pembelajaran banyak istilah yang sering digunakan, seperti metode mengajar (teaching methods), strategi mengajar (teaching strategis), dan metode pembelajaran itu sendiri (instructional methods).
Metode adalah alat atau cara yang digunakan untuk digunakan untuk mengajarkan materi pembelajaran kepada peserta didik. Pilihan metode tergantung pada apa yang ingin diajarkan (konten), siapa yang diajarkan, dan tingkat kemampuan yang diharapkan.
Banyak sekali metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk memudahkan guru, dosen, atau instruktur dalam memilih metode yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Tabel Keterkaiatan Metode dengan Kecerdasan Jamak
Kecerdasan Jamak
Metode dan Gambaran Umum
Verbal-linguistik
1.      Ceramah (lecture);
2.      Curaj pendapat (brainstorming);
3.      Mendongeng atau bercerita (storytelling);
4.      Diskusi (discussion).
Logis-matematis
1.      Penyelesaian masalah (problem solving);
2.      Uji coba (exsperiment);
3.      Tanya jawab Socreates (Socreates’ questions);
4.      Berpikir kritis (critical thinking).
Visual-spasial
1.      Kiasan gambar (picture metaphors);
2.      Pemetaan ide (ideas mapping);
3.      Sketsa ide (idea sketching);
4.      Visualisasi (visualization).
Jasmaniah-kinetik
1.      Demonstrasi (demonstration);
2.      Bermain peran (role play);
3.      Studi lapangan/karyawisata (field trip);
4.      Berpantomim (pantomym).
Musikal-berirama
1.      Diskografi (discography);
2.      Sugestopedia (suggestopedia);
3.      Music instrumen (instrumentak music);
4.      Pengkondisian suasana musik (musical conditioning).
Interpersonal
1.      Jigsaw;
2.      Mengajar teman sebaya (peer tutoring);
3.      Belajar beregu (teamwork);
4.      Permainan (games);
5.      Kebekuan pikiran atau fisik peserta didik.
Intrapersonal
1.      Studi mandiri (independent study);
2.      Belajar dengan alat bantu komputerm (computer assitedlearning);
3.      Refleksi (reflektive learning);
4.      Belajar dengan pengaturan sendiri (self goal setting).
Naturalistik
1.      Belajar melalui alam (learning through nature);
2.      Jendela belajar (windows for learning).
Eksistensial-spiritual
1.      Respons peristiwa;
2.      Panggung beramal (charity event).[10]


referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar