Jumat, 30 Desember 2016

Urutan Kegiatan Pembelajaran

Urutan Kegiatan Pembelajaran

Urutan kegiatan instruksional terdiri atas komponen:
1.            Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dari kegiatan pembelajaran. Dick dan Carrey (2001) menyebutkan pre instructional activities. Kegiatan awal tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan agar peserta didik secara mental siap mempelajari pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru. Di samping itu, juga memberikan motivasi kepada peserta didik agar mengetahui manfaat mempelajari mata pelajaran untuk kehidupannya selanjutnya.

Fungsi sub komponen pendahuluan antara lain:
a.       Penjelasan singkat tentang isi pelajaran;
b.      Penjelasan relevansi isi pelajaran baru;
c.       Penjelasan tentang tujuan instruksional
Dengan selesainya kegiatan pendahuluan tersebut, peserta didik telah memiliki gambaran global tentang apa yang akan dipelajari.

2.            Penyajian
Subkomponen penyajian adalah inti dari kegiatan pembelajaran. Setelah melakukan kegiatan pendahuluan, pelajar memasuki kegiatan penyajian. Dalam kegiatan ini ada tiga komponen utama, yaitu:
a.       Uraian : adalah penjelasan tentang materi atau konsep, prinsip, dan prosedur yang akan dipelajari peserta didik.
b.      Contoh : adalah benda atau kegiatan yang ada dalam kehidupan nyata peserta didik yang relevan dengan bahan pengajaran.
c.       Latihan : adalah kegiatan pelajar dalam rangka menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur yang sedang dipelajari ke dalam praktik yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.
3.            Penutup
Penutup adalah subkomponen terakhir dalam kegiatan pembelajaran. Penutup terdiri atas dua langkah, yaitu:
a.       Tes informatif dan umpan balik;

b.      Tindak lanjut 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar