Urutan Kegiatan Pembelajaran
Urutan
kegiatan instruksional terdiri atas komponen:
1.
Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dari
kegiatan pembelajaran. Dick dan Carrey (2001) menyebutkan pre
instructional activities. Kegiatan awal tersebut dimaksudkan untuk
mempersiapkan agar peserta didik secara mental siap mempelajari pengetahuan,
keterampilan, dan sikap baru. Di samping itu, juga memberikan motivasi kepada
peserta didik agar mengetahui manfaat mempelajari mata pelajaran untuk
kehidupannya selanjutnya.
Fungsi sub komponen pendahuluan antara lain:
a.
Penjelasan singkat tentang isi pelajaran;
b.
Penjelasan relevansi isi pelajaran baru;
c.
Penjelasan tentang tujuan instruksional
Dengan
selesainya kegiatan pendahuluan tersebut, peserta didik telah memiliki gambaran
global tentang apa yang akan dipelajari.
2.
Penyajian
Subkomponen penyajian adalah inti dari
kegiatan pembelajaran. Setelah melakukan kegiatan pendahuluan, pelajar memasuki
kegiatan penyajian. Dalam kegiatan ini ada tiga komponen utama, yaitu:
a.
Uraian : adalah penjelasan tentang materi
atau konsep, prinsip, dan prosedur yang akan dipelajari peserta didik.
b.
Contoh : adalah benda atau kegiatan yang ada
dalam kehidupan nyata peserta didik yang relevan dengan bahan pengajaran.
c.
Latihan : adalah kegiatan pelajar dalam
rangka menerapkan konsep, prinsip, dan prosedur yang sedang dipelajari ke dalam
praktik yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Penutup
Penutup adalah subkomponen terakhir dalam
kegiatan pembelajaran. Penutup terdiri atas dua langkah, yaitu:
a.
Tes informatif dan umpan balik;
b.
Tindak lanjut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar